Apa sih Keuntungan Menjual & Membeli Properti lewat Agen?

  • Mencari Penjual/Pembeli dan Berpromosi

Cari rumah memang bisa Anda temukan di iklan dengan berbagai macam pilihan harga dan lokasi. Namun nilai plus menggunakan jasa agen properti adalah  Anda tak perlu repot-repot mencarinya karena agen properti akan membantu menemukan rumahnya dengan harga dan lokasi yang cocok dengan keinginan Anda.

Begitu pula ketika akan menjual rumah, Anda tak perlu repot-repot mencari pembeli dan memasarkannya, sebab agen properti yang akan melakukan semuanya untuk Anda. Anda cukup membayar  fee yang dirasa pantas karena mencakup pemasaran, strategi memasarkan, mengurus pembiayaan, mengurus dokumen dll sampai tuntas dan dibayarkan setelah rumahnya laku terjual. Selain memerlukan keahlian, mempromosikan rumah juga membutuhkan waktu dan biaya.

Dengan menggunakan jasa agen properti maka Anda tinggal duduk manis saja, mereka yang akan mempromosikannnya di berbagai media mulai dari spanduk, iklan di media cetak, onlinedan lain sebagainya.

  • Mempercepat Proses Penjualan

Setiap agen memiliki strategi jitu dalam memasarkan properti yang dipercayakan kepadanya. Selain teknik pemasaran yang baik, mereka juga memiliki database dan koneksi yang luas dalam memasarkan properti. Para agen juga biasanya bertukar informasi jual beli rumah demi mempercepat proses penjualan masing-masing.

  • Mendapatkan Harga Terbaik

Memilih agen properti yang handal sangat penting ketika ingin properti Anda terjual cepat. Salah satu alasannya ialah mereka memiliki reputasi, jaringan, dan memiliki kemampuan melayani calon pembeli seperti lewat keahlian berkomunikasi, cara memberikan informasi atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan serta kemampuan bernegosiasi yang baik sehingga harga yang didapatkan oleh pembeli maupun penjual adalah harga yang terbaik dan tepat.

  • Hemat Waktu

Seorang agen profesional akan memberikan Anda kelonggaran waktu untuk fokus pada hal-hal yang penting saja. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memantau leads atau menerima banyak telepon dari calon pembeli, biarkan tugas ini diselesaikan oleh agen sehingga tugas Anda hanya melakukan follow up untuk calon pembeli yang prospektif.

Bagi pembeli agen profesional akan memberikan penawraan terbaik dari setiap properti yang ada dari daftar properti mereka, sehingga rumah yang tidak sesuai dengan kebutuhan pembeli akan langsung dieleminasi oleh agen sehingga efisiensi waktu dan tenaga serta ketidakrepotan bagi pembeli dan hasil lebih maksimal.

  • Mengurus Dokumen & Mempermudah Transaksi Anda

Jika nilai transaksi sudah disepakati, baik Anda sebagai penjual atau pembeli rumah, hal berikutnya adalah mengurus segala surat-surat yang terkait dengan rumah tersebut, mulai surat kepemilikan tanah, surat pajak bumi dan bangunan, dan sebagainya.

Ketika melakukan penggantian nama dan proses penandatanganan akta jual beli rumah, Anda harus mengurusnya di notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) agar memiliki kekuatan hukum. Nah, untuk proses pengurusan surat-suratnya akan ditangani oleh agen properti. Jadi Anda selaku pemilik properti hanya duduk manis dan menerima uang hasil penjuala properti Anda dan bagi pembeli Anda tinggal duduk nyaman hingga semua urusan pembelian properti Anda selesai.

  • Memonitor Rumah Anda

Jika Anda beli rumah yang bukan ready stock atau inden—rumah baru dibangun setelah transaksi jual-beli—Anda tentu perlu memantau perkembangannya sesering mungkin karena agen properti yang akan memastikan pembangunan rumah Anda agar sesuai dengan apa yang direncanakan. Apabila kendala tempat tinggal dirasa jauh dapat dibantu oleh agen properti kesayangan Anda untuk meng-update perkembangan terbaru pembangunan properti Anda.

 
  • Sebagai Manajer Investasi

Banyak orang membeli rumah sebagai investasi. Namun, memilih properti di lokasi yang tidak prospektif, bisa jadi rugi. Untuk itulah agen properti juga berfungsi sebagai manajer investasi yang akan memberi analisa keuntungan atau kerugian buat Anda.

Biasanya agen properti profesional memiliki area spesialis tersendiri. Mereka memilih sebuah lokasi untuk memasarkan properti dengan pemahaman lingkungan dan harga yang sangat baik. Hal seperti ini akan sangat membantu calon pembeli ketika hendak bertanya mengenai keuntungan investasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Sementara penjual rumah juga tak perlu lagi melakukan riset karena sudah ada agen yang menjelaskan potensi daerah dimana properti Anda berada.


Komentar